Meninjau Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku

 Butuh Perjuangan yang Keras untuk mendapatkan anggaran  Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku dari Pemerintah Pusat. 


Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M. Si tinjau Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku. 

Setibanya di lokasi Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M. Si langsung meninjau Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku yang berlokasi di aek butar dusun tapian nauli  Kecamatan Sipoholon, pada Selasa 24 Agustus 2021.

Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku di latar belakangi atas usulan Bupati Tapanuli Utara kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan mengalokasikan dana dari APBN TA. 2021 sebesar Rp. 46.998.688.495.

Dimana pelaksanaan di mulai maret 2021 dan ditargetkan selesai pada desember 2021.

Adapun Pelaksanaan Pekerjaan Proyek Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku adalah PT Karya Dulur Saroha menggunakan Kontruksi Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku sepanjang 13,2 KM dengan menggunakan Pipa High Density  Polyethylene (HDPE) 400 mm dan Pipa GIP. Sumber air dari Intake yang berada di  Sipoholon sampai ke bangunan bak penampung yang berlokasi di Tangsi Tarutung. 

Jalur pipa dari intake melintasi beberapa dusun di antaranya dusun tapian nauli situmeang habinsaran, desa situmeang hasundutan, desa simangkalit ( wilayah kecamatan sipoholon),desa hutauruk, desa sirajaoloan, desa simamora, kelurahan hutatoruan x, kelurahan hutatoruan VI ( wilayah kecamatan Tarutung) . 

Nantinya Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku diperuntukkan untuk supply air bersih bagi 3 Kecamatan di antaranya Kecamatan Sipoholon, Tarutung, dan Kecamatan Siatas Barita yang mampu mensupply air bersih dan peruntukkannya hingga 50 Tahun ke depan. Dengan Pengambilan air untuk air baku (intake)  yang debit andalan sebesar 372 lt/detik dan target supply air bersih sebesar 100 liter/detik.

Semoga dengan adanya Pembangunan ini nantinya menjadi solusi bagi persoalan air bersih di masyarakat khususnya di 3 kecamatan. 

Terima kasih kepada Presiden Ir. Joko widodo atas perhatian nya kepada Kami Kabupaten Tapanuli Utara " Ujar Bupati"


Selepas meninjau Jaringan Pipa Transmisi Air Baku, Bupati Nikson Nababan, M. Si melanjutkan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan perihal Dewan Pengarah Badan Otorita Pariwisata dan Pengembangan 5 DPSP secara virtual dengan agenda sebagai berikut : 

1. percepatan peningkatan kualitas fasilitas kesehatan dan vaksinasi di 5 DPSP 

2. penerapan Geographic Information system di 5 DPSP 

3. penataan trotoar dan ducting di DPSP Labuan Bajo dalam rangka persiapan pertemuan G20 2022 Indonesia 

4. pembangunan infrastruktur di lahan otorita Danau Toba 

5. persiapan penyelenggaraan World Super Bike dan MotoGP di 

DPSP Mandalika 

6. pelanjutan pekerjaan di DPSP Borobudur

Turut di dampingi Asisten II Marihot Simanjuntak, Kadis PUPR Dahlan Simanjuntak, Kadis Perkim Budiman Gultom, Kasatpol PP Rudi Sitorus, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sasma Situmorang, Camat Sipoholon dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah Terkait.

Posting Komentar

0 Komentar